Search

Kemenhub Bakal Beli 100 Mobil Listrik Buat Pejabat Eselon - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya bakal membeli 110 unit mobil murni listrik yang sebagian besar akan digunakan para pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Eselon 1 dan Eselon 2. Menurut Budi dari jumlah tersebut, 10 unit di antaranya merupakan pesanan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Tapi Pak Bahlil [Kepala BKPM Bahlil Lahadalia] bersedia sama-sama jadi 110 unit. Saya harapkan ada Eselon 1 dan 2 gunakan ini," kata Budi di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (27/1).


Budi belum mau menjelaskan mobil listrik apa yang akan dibeli. Namun bila melirik opsi yang ditawarkan saat ini di dalam negeri setidaknya ada tiga pilihan merek, yakni Tesla, Hyundai, dan BMW.

Tesla dijual oleh importir umum seperti Prestige Image Motorcars, sementara Hyundai Mobil Indonesia baru saja menawarkan Ioniq yang dipakai Grab Indonesia, sedangkan BMW sudah menjual i3 sejak Agustus 2019.

"Ya kami belum menetapkan akan menggunakan apa," kata Budi.

Budi bilang pembelian mobil listrik buat bawahannya bisa lebih murah sebab mendapat potongan lewat skema pajak Kementerian Keuangan. Sementara operasionalnya juga disebut mudah karena PLN sudah menyiapkan lokasi pengisian daya baterai kendaraan di berbagai tempat di Jakarta dan sekitarnya.

"Jadi tentu ini langkah bagus ke depannya," katanya.


Budi menambahkan jumlah mobil listrik di Indonesia sekarang masih sangat sedikit. Dia berharap populasinya bisa terdongkrak naik bila dicontohkan dengan memfasilitasikan pejabat negara.

"Jadi kalau kami lakukan intensif dimulai dari pejabat negara akan jadi cepat," katanya.

Sebagai informasi sebelumnya negara sudah melakukan pengadaan mobil rendah emisi untuk jajaran kabinet Presiden Joko Widodo era 2019-2024, yakni Toyota Crown. Meski demikian mobil ini jenis hybrid, belum sepenuhnya listrik. (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
January 27, 2020 at 04:10PM
https://ift.tt/36qam2h

Kemenhub Bakal Beli 100 Mobil Listrik Buat Pejabat Eselon - CNN Indonesia
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kemenhub Bakal Beli 100 Mobil Listrik Buat Pejabat Eselon - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.