Search

Kabar Baik Buat Nasabah Jiwasraya, Erick Sebut Maret Dibayar! - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan proses pembayaran klaim nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan mulai dilakukan pada akhir Maret mendatang.

Meskipun Erick mengatakan upaya untuk menyelesaikan kewajiban itu berat bagi Jiwasraya, namun dengan konsep yang sudah dirancang, diharapkan proses pembayaran klaim bisa dituntaskan.

"Kami dari kementerian dan tim Jiwasraya sesuai saran kita berupaya menyelesaikan, mulainya pembayaran awal di bulan insyaallah Maret akhir. Tapi kalau bisa lebih cepat kita coba lakukan," kata Erick Thohir saat rapat dengan Panitia Kerja (Panja) DPR Jiwasraya di Jakara, Rabu (29/1/2021).


Dalam rapat yang berlangsung tertutup tersebut, Erick menjelaskan, permasalahan Jiwasraya bukan masalah yang ringan. Ada praktik investasi yang kurang hati-hati dan diharapkan ada perubahan di masa yang akan datang.

Selain kesalahan dalam investasi, lanjut Erick, manajemen juga melakukan kesalahan dalam menawarkan produk asuransi dengan bunga jauh lebih tinggi dibandingkan bunga pasar.

"Menjadi hal penting ke depan kita perlu adanya safety investasi seperti ini, gak kejar bunga aja tapi pensiun jangka panjang perlu kepastiannya," tambah Erick.

Erick memaparkan kondisi keuangan saat ini, di mana ada kewajiban untuk membayar dana nasabah senilai Rp 16 triliun. Selain itu, Jiwasraya kekurangan solvabilitas (kewajiban membayar kewajiban) sekitar Rp 28 triliun untuk memenuhi ketentuan risk base capital (RBC) sebesar 120%.

"Kementerian BUMN, berkoordinasi dengan Menkeu (Kementerian Keuangan), OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan lembaga lain dalam penyelamatan yang sesuai dengan pembicaraan kita, mau ada pencairan di akhir Maret," jelas Erick lebih lanjut.

Sebagai informasi,
 Asuransi Jiwasraya memiliki kewajiban jatuh tempo polis produk JS Saving Plan pada Oktober-Desember tahun lalu sebesar Rp 12,4 triliun. Untuk tahun 2020 ini, kebutuhan likuiditas penyelesaian JS Saving Plan diketahui nilainya sebesar Rp 3,7 triliun.

Dengan demikian total kebutuhan likuiditas penyelesaian JS Saving Plan dalam waktu dekat mencapai Rp 16,13 triliun. Besaran dana tersebut terungkap dalam Dokumen Penyelamatan Jiwasraya yang diperoleh CNBC Indonesia belum lama ini.

(hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
January 29, 2020 at 03:04PM
https://ift.tt/2RDBzdY

Kabar Baik Buat Nasabah Jiwasraya, Erick Sebut Maret Dibayar! - CNBC Indonesia
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kabar Baik Buat Nasabah Jiwasraya, Erick Sebut Maret Dibayar! - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.