Search

Bahaya! Virus Corona Bisa Buat Ekonomi Lumpuh - Detikcom

Jakarta -

Dunia kesehatan belakangan ini dihebohkan dengan munculnya virus bernama corona. Penyebaran virus asal China tersebut tak hanya membuat orang sakit hingga meninggal, tapi juga buat ekonomi bisa sengsara.

Direktur Riset Center of Reforms on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, virus corona berdampak berbahaya bagi perekonomian yang wilayahnya terkena dampak, khususnya di China itu sendiri.

"Kalau China itu dampaknya sangat besar, produktivitas daerah Wuhan otomatis akan terhenti. Kegiatan ekonomi akan terhenti di situ, otomatis akan mempengaruhi output pada daerah yang terdampak," kata Piter kepada detikcom, Minggu (26/1/2020).

Akibat virus ini, beberapa sektor ekonomi lumpuh di Wuhan. Apalagi virus ini merebak saat libur tahun baru imlek yang harusnya jadi momentum untuk mendongkrak ekonomi melalui sektor konsumsi, perjalanan dan pariwisata.

"Yang sudah kena dampaknya cukup signifikan hanya China saat ini karena kalau di China daerah Wuhan itu diisolasi dan kegiatan ekonomi disana terhenti jadi dampaknya besar," terangnya.

Piter belum mengetahui seberapa besar virus ini akan berdampak bagi perekonomian Indonesia. Yang jelas, semua tergantung pada seberapa tanggap pemerintah Wuhan mengatasi virus ini. Semakin lama virus ini dibiarkan, semakin besar pula kerugian yang didapat.

"Kalau tidak bisa diatasi dengan cepat maka dampaknya lebih signifikan. Tapi kalau dalam waktu 2-3 bulan bisa diatasi maka dampaknya bisa diminimalkan," ucapnya.

Bahaya! Virus Corona Bisa Buat Ekonomi Lumpuh

Saat ini virus corona memang belum memberikan dampak terlalu signifikan ke Indonesia. Namun jika dibiarkan dan semakin merebak, tak menutup kemungkinan dampak bisa meluas ke Indonesia.

"Menurut saya dampaknya masih sangat minimal (di Indonesia) saat ini. Beberapa kegiatan yang kaitannya dengan ekspor impor ke China mungkin akan turun, tapi saya kira tidak cukup besar," ujarnya.

Simak Video "Peta Online untuk Pantau Persebaran Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
January 26, 2020 at 04:48PM
https://ift.tt/2uvuCCu

Bahaya! Virus Corona Bisa Buat Ekonomi Lumpuh - Detikcom
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bahaya! Virus Corona Bisa Buat Ekonomi Lumpuh - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.