Search

Suara Hati Perajin yang Tak Boleh Sewakan Ondel-ondel Buat Ngamen - detikNews

Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengimbau para perajin ondel-ondel untuk tidak sembarangan menyewakan hasil karyanya itu apabila digunakan untuk mengamen. Apa kata para perajin ondel-ondel?

Para perajin ondel-ondel mengaku memahami tentang imbauan dari pemerintah itu. Namun mereka berharap ada wadah kesenian bagi para perajin agar ondel-ondel tidak mati ditelan zaman.

Suara Hati Perajin yang Tak Boleh Sewakan Ondel-ondel Buat NgamenMalani (Foto: Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

"Balik lagi ke pemdanya, kalau kita kan cuma pembuatan doang. Balik lagi ke pemda sih, balik lagi ke warga-warganya, ada yang pengangguran juga," ujar salah seorang perajin ondel-ondel, Malani, saat ditemui di Kampung Ondel-ondel, Jalan Kembang Pacar, Kramat Pulo, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (16/2/2020).

"Kita mah kasih wadah, tempat, kalau di jalan emang nggak boleh, kasih wadah, kasih kayak di Taman Mini, Ragunan, kasih solusi," imbuh Malani.

Seorang perajin lainnya, Wati (47), mengaku setiap harinya menyewakan ondel-ondel ke 10 orang. Soal imbauan untuk tidak digunakan mengamen, Wati mengaku tidak masalah tetapi tetap memikirkan orang-orang yang mengandalkan nasib dari mengamen ondel-ondel itu.

"Ini buat ngamen karena banyak pengangguran, pada putus sekolah, pada pekerja kontraknya abis. Kalau nggak boleh buat ngamen ya diadain lapangan kerja, gaji yang bener, gitu. Kan butuh makan," ujar Wati yang mengaku sudah membuat ondel-ondel sejak tahun 1993 itu.

Suara Hati Perajin yang Tak Boleh Sewakan Ondel-ondel Buat NgamenWati (Foto: Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)

Sebelumnya Kepala Dinas Budaya DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengaku akan mengimbau seluruh perajin ondel-ondel untuk tak sembarang menyewakan ikon Ibu Kota itu untuk dipakai ngamen. Pemprov DKI masih menggodok aturan agar pengamen ondel-ondel bisa ditertibkan.

"Kalau pengrajin harus juga memahami jangan disewain buat ngamen. (Aturan) Nanti bentuknya mungkin kita coba, mudah-mudahan disetujui pimpinan, sebaiknya bentuknya apa maklumat kah atau imbauan kah," kata Iwan kepada wartawan, Selasa (12/2).

(dhn/dhn)

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
February 16, 2020 at 02:16PM
https://ift.tt/2SMwCPg

Suara Hati Perajin yang Tak Boleh Sewakan Ondel-ondel Buat Ngamen - detikNews
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suara Hati Perajin yang Tak Boleh Sewakan Ondel-ondel Buat Ngamen - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.