Search

Bicara Cara Hidupkan Budaya, Nadiem: Jangan Buang Uang buat Pemasaran - detikNews

Jakarta -

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan tradisi kebudayaan tidak terbatas pada tarian dan nyanyian. Nadiem juga meminta para pegiat kebudayaan tidak membuang-buang uang untuk memasarkan suatu kebudayaan.

"Jangan buang-buang uang buat pemasaran. Buang-buang uang untuk pengembangan. Pemasaran akan otomatis bagus kalau produk itu bagus. Pokoknya kalau ada mangga yang manis itu bakal kebeli di pasar bakal habis. Nggak usah dipasarin itu mangganya, ibu-ibu akan ngomong-ngomong. Apalagi dunia socmed sekarang," kata Nadiem dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kebudayaan, di Hotel Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (28/2/2020).

Nadiem menjelaskan, di era modern saat ini, bentuk pemasaran sebuah kebudayaan yang paling efektif adalah media sosial. Menurut Nadiem, turis yang terpuaskan saat mengunjungi satu situs kebudayaan otomatis akan menyebarkan pengalamannya di media sosial.

"World of mart adalah orang yang akan datang ke situ dan saking bagusnya, saking serunya dia nge-post di Instagram atau di Facebook. Itulah satu-satunya marketing yang akan efektif bagi pengunjung. Mau kita iklanin sebanyak apa pun itu namanya bakar duit aja," ujar Nadiem.

Nadiem juga menjelaskan, tradisi kebudayaan tidak hanya sekadar tarian dan lagu. Kebudayaan merupakan sebuah pengalaman baru yang dapat diberikan kepada para turis.

"Jangan lupa tradisi itu bukan hanya tarian dan nyanyian. Budaya itu bukan hanya tarian dan kostum. Budaya adalah apa yang bikin orang kota mengetahui cara mereka hidup itu akan mengangetkan atau bikin 'Wow, saya baru tahu itu bisa seperti itu'," kata Nadiem.

Simak Video "Bayar SPP Bisa Pakai GoPay, Nadiem: Jangan Tuduh Konflik Kepentingan"

[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
February 28, 2020 at 01:41PM
https://ift.tt/32A3LCn

Bicara Cara Hidupkan Budaya, Nadiem: Jangan Buang Uang buat Pemasaran - detikNews
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bicara Cara Hidupkan Budaya, Nadiem: Jangan Buang Uang buat Pemasaran - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.