Search

3 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Buat Ekonomi Indonesia Bangkit dari Corona - Suara.com

Suara.com - Praktisi Saham dari May Institute, Ellen May mengatakan, akibat merebaknya virus corona atau Covid-19 membuat sejumlah aktivitas perekonomian nasional sedikit lumpuh akibat kebijakan karantina mandiri sehingga mengganggu roda perekonomian.

"Aktivitas perkantoran, pariwisata, dan bisnis dihentikan. Sekolah diliburkan. Anak muda dipisahkan dari orang tua. Restoran dan hotel sepi. Demikian pula bisnis transportasi. Mall sepi bagaikan kuburan," kata Ellen seperti dikutip dari blog pribadinya, Senin (23/3/2020).

Ellen menuturkan, dengan kebijakan tersebut, mobilitas manusia menjadi menurun, omset menurun dan pengusaha terancam gulung tikar.

"Karena terpaksa dan tak sanggup membayar biaya operasional, banyak pengusaha terpaksa menutup bisnisnya dan melakukan PHK, atau pengurangan gaji karyawan. Sementara itu, pekerja harian yang mendapat penghasilan tidak tetap, seperti driver ojek online, mengeluh kehilangan pendapatan," katanya.

Lantas apa yang bisa dilakukan agar ekonomi Indonesia bisa kembali berputar. Setidaknya, ada tiga hal yang bisa dilakukan. Tiga hal yang terlihat sepele, namun bisa memberi dampak luar biasa bagi Indonesia.

Stay at home! Jaga kebersihan kesehatan, jangan keluyuran

Kenyataannya, masih banyak juga anak muda yang nongkrong di cafe, masih banyak yang ngeyel menjalankan acara pernikahan sampai dibubarkan paksa, masih banyak anak-anak di luar pengawasan orang tua yang ngegame di warnet, dan masih banyak manusia yang pergi ke tempat wisata untuk berlibur.

"Satu hal yang ingin saya sampaikan dan saya tegaskan, jangan bebal, jangan ndablek, jangan egois," katanya.

Putar otak, cari jalan untuk dapatkan penghasilan tambahan

"Ketika krisis terjadi, apa pun penyebabnya, selain banyak orang bangkrut, namun seringkali muncul orang kaya baru. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena banyak orang yang berfokus pada masalah, dan sedikit orang yang terus berjuang, berfokus pada solusi, berpikir bahwa saya bisa," katanya.

Saat ini, banyak bisnis yang justru malah diuntungkan dengan banyaknya aktivitas yang dijalankan di rumah. Seperti yang saya bahas pada artikel sebelumnya di ellen-may.com/blog.

Praktisi Saham dari May Institute, Ellen May.
Praktisi Saham dari May Institute, Ellen May.

Tidak hanya sektor kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan lain sebagainya yang diburu. Namun juga sektor barang konsumsi, kebutuhan sehari-hari, peralatan untuk bekerja di rumah, sektor industri online, baik itu pendidikan maupun hiburan.

Bantu orang lain di lingkungan terdekatmu dulu

Dalam kondisi seperti ini, banyak sekali dilakukan penggalangan dana, baik untuk petugas kebersihan, keamanan, kasih makan gratis buat bapak ojol, bagi-bagi peralatan kesehatan dan sanitasi massal, maupun sumbangan alat kesehatan untuk rumah sakit. Semuanya itu baik, baik, dan sangat baik.

Dan akan lebih baik jika kita peduli juga dengan lingkungan terdekat kita. Siapa mereka?

Pembantu rumah tangga, karyawan, tukang parkir depan rumah, satpam yang bekerja di kantor/apartemen tempat kita tinggal, tetangga, tetangga, bahkan saudara terdekat.

Sudahkah kita membantu mereka dengan hal-hal kecil dari kebutuhan basic mereka, seperti beras, masker, vitamin, dan hand sanitizer?

Bayangkan, jika semua orang melakukan hal yang sama, peduli pada lingkungannya, dan kemudian baru lingkungan yang jauh, maka semua akan sejahtera.

"Saat ini, adalah waktu di mana ketika kita harus lebih memikirkan kepentingan bersama, di mana ketika kita menolong orang lain, justru akan menolong diri sendiri," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
March 23, 2020 at 08:14PM
https://ift.tt/3bjDzPj

3 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Buat Ekonomi Indonesia Bangkit dari Corona - Suara.com
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Buat Ekonomi Indonesia Bangkit dari Corona - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.