Search

Pemerintah Ungkap Pesan Jokowi: Pemda Jangan Buat Kebijakan Tanpa Konsultasi - detikNews

Jakarta -

Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengungkapkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19). Jokowi, kata Doni, mewanti-wanti kepada seluruh kepala daerah agar tidak membuat kebijakan tanpa berkonsultasi dengan pihak yang berkompeten.

"Bapak Presiden mengatakan, 'silakan melakukan kebijakan di tingkat lokal, di tingkat kabupaten, kota sampai dengan tingkat kecamatan. Lebih dari kecamatan tentunya harus dikonsultasikan kepada pemerintah pusat sehingga tidak ada pejabat di daerah yang dikabarkan mengambil langkah sendiri tanpa berkonsultasi kepada pihak-pihak yang berkompeten'," kata Doni dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB, Senin (30/3/2020).

Doni memastikan pemerintah akan melacak dan melakukan tes massal untuk mendeteksi penyebaran virus Corona. Kepala BNPB itu mengungkapkan, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto juga telah merekomendasikan mengenai pendeteksian dengan sistem door to door.

"Kemudian Bapak Presiden tadi telah mendapatkan laporan juga dari sejumlah gubernur, dan juga sudah direkomendasi oleh Bapak Menteri Kesehatan tentang pentingnya screening door to door yang dilakukan oleh petugas puskesmas. Oleh karenanya, sekali lagi, diperlukan kerja sama yang baik oleh segenap komponen masyarakat,"

Doni juga mengimbau masyarakat agar tetap melakukan upaya pencegahan dengan hidup dengan pola sehat dan bersih. Doni mengatakan belum dapat dipastikan kapan Corona akan berakhir meski sejumlah pakar sudah memprediksi kapan virus Corona akan berakhir, oleh karenanya ia meminta masyarakat bersatu menghadapi Corona.

"Kemudian yang terakhir sebagai imbauan bahwa virus ini belum diketahui kapan akan berakhir, walaupun sejumlah pakar dan juga dari pimpinan lembaga sudah melaporkan kepada Bapak Presiden tentang prediksi,"

"Namun tentunya kita harus memiliki ketahanan, daya tahan di bidang kesehatan, daya tahan di bidang ekonomi, dan yang paling penting daya tahan di bidang moralitas dan moril bangsa," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta semua pihak mendukung segala kebijakan yang ditetapkan pemerintah dalam mengatasi penyebaran virus Corona. Dia mengibaratkan Indonesia sebagai suatu rangkaian kereta api di mana yang mengendalikan lokomotifnya adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya mengajak kepada seluruh tokoh-tokoh, baik tokoh di pusat maupun di daerah, termasuk juga para pimpinan partai politik, untuk bisa mendukung kebijakan politik negara. Saya mengibaratkan sekarang ini kita sekarang berada pada satu rangkaian kereta api, lokomotif terdepannya adalah kepala negara, yaitu Pak Jokowi," kata Doni saat jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Senin (30/3).

(yld/zak)

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
March 30, 2020 at 06:56PM
https://ift.tt/2UH15iE

Pemerintah Ungkap Pesan Jokowi: Pemda Jangan Buat Kebijakan Tanpa Konsultasi - detikNews
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah Ungkap Pesan Jokowi: Pemda Jangan Buat Kebijakan Tanpa Konsultasi - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.