Search

7 Saran Buat Pemerintah Selamatkan Ekonomi RI dari Corona - Detikcom

Jakarta -

Wabah virus corona memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia. Dampak itu bisa saja diminimalisir, namun hal itu tergantung dari kebijakan yang diambil pemerintah untuk mengatasinya.

Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan beberapa stimulus baik fiskal maupun moneter. Termasuk kebijakan yang berkaitan dengan antisipasi dampak penularan COVID-19 pada ekonomi domestik (Stimulus Ekonomi I, II dan III) patut diapresiasi.

Namun Center Of Reform On Economics (CORE) merilis kajian yang bertajuk Tujuh Poin Penting Menghadapi Badai Ekonomi Pandemi COVID-19. Isinya tentang beberapa kebijakan ekonomi yang perlu diperkuat, yaitu:

Pertama, untuk mempercepat pengobatan dan pencegahan penularan yang lebih luas, pemerintah harus menerapkan kebijakan at all cost seperti pengadaan alat kesehatan penunjang pemeriksaan, ruang isolasi, dan Alat Pelindung Diri (APD), menggratiskan biaya pemeriksaan baik yang terbukti maupun tidak, ataupun hal-hal yang bersifat pencegahan seperti pembagian masker murah dan sebagainya. Konsekuensi pembengkakan defisit anggaran, sejalan dengan pendapatan APBN yang juga turun tajam, memang akan membebani pemerintah. Namun, perhitungan kemanusiaan semestinya harus lebih dikedepankan dibandingkan dengan kalkulasi ekonomi yang masih dapat ditanggulangi sejalan dengan pulihnya ekonomi masyarakat.

Kedua, untuk menjaga daya beli masyarakat sebagai dampak perlambatan putaran roda ekonomi, pemerintah dituntut untuk dapat mengurangi beban biaya yang secara langsung dalam kendali pemerintah, di antaranya tarif dasar listrik, BBM, dan air bersih. Penurunan tarif listrik dan BBM tentu tidak akan terlalu membebani keuangan BUMN dan BUMD, mengingat harga minyak mentah yang turun ke kisaran US$20 per barrel diperkirakan masih akan berlangsung lama sejalan dengan potensi resesi global.

Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
March 29, 2020 at 05:31PM
https://ift.tt/2JsWviB

7 Saran Buat Pemerintah Selamatkan Ekonomi RI dari Corona - Detikcom
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Saran Buat Pemerintah Selamatkan Ekonomi RI dari Corona - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.