Search

Pemprov DKI: Pengrajin Jangan Sewakan Ondel-ondel Buat Ngamen - detikNews

Jakarta -

Kepala Dinas Budaya DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, pihaknya akan mengimbau seluruh pengrajin ondel-ondel tak sembarang menyewakan ikon Ibu Kota itu untuk dipakai ngamen. Pemprov DKI masih menggodok agar pengamen ondel-ondel bisa ditertibkan.

"Kalau pengrajin harus juga memahami jangan disewain buat ngamen. (Aturan) Nanti bentuknya mungkin kita coba, mudah-mudahan disetujui pimpinan, sebaiknya bentuknya apa maklumat kah atau imbauan kah," kata Iwan kepada wartawan, Selasa (12/2/2020).

Lebih lanjut, Iwan mengatakan pihaknya untuk sementara ini belum berencana merevisi Perda Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Budaya Betawi. Dinas Kebudayaan DKI untuk saat ini masih berfokus pada menunaikan kewajiban yang sudah diatur dalam Perda.

"Tidak mengarah ke merevisi Perda, sama sekali tidak. Tapi yang paling penting adalah kita selaku pemerintah mana-mana saja yang harus ditunaikan di dalam Perda 4 tahun 2015. Pertimbangannya apa? Kalau pakai Perda baru lagi nanti kan istilahnya, Perda baru kan membutuhkan biaya yang begitu besar, dan tahapannya cukup panjang," ujarnya.

Iwan menerangkan, ondel-ondel yang merupakan ikon budaya Betawi tak seharusnya mengamen di jalan. Maka itu, Iwan menjelaskan, pihaknya akan melakukan pembinaan ke pengrajin dan warga untuk tidak memanfaatkan ondel-ondel sebagai objek mengamen.

"Sebenarnya kalau memang ada ondel-ondel yang menurut kita mengamen di luar ada unsur pemaksaan kemudian ada sifatnya memaksa orang untuk meminta uang itu kan masuknya ketertiban umum, tapi kalo ondel-ondel sebenarnya dia harus diberikan pemahaman lebih karena itu, kita harus menumbuhkembangkan meningkatkan kesadaran warga Jakarta tentang ondel-ondel ini," jelas dia.

"Bahwa ondel-ondel masuk ikon kebudayaan Betawi jelas aja masyarakat protes terutama orang Betawi-nya karena dipakai hal-hal begitu. Nah itu lah tugas kami menjelaskan anak-anak. Tidak harus diberangus, dimasukkan ke penjara lah, nggak," imbuhnya.

Simak Video "Pembuat Kesenian Ondel-ondel, Jakarta"

[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
February 12, 2020 at 10:44AM
https://ift.tt/31L7fRW

Pemprov DKI: Pengrajin Jangan Sewakan Ondel-ondel Buat Ngamen - detikNews
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemprov DKI: Pengrajin Jangan Sewakan Ondel-ondel Buat Ngamen - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.