Search

Pemkot Solo Siapkan Karantina di Sriwedari Buat Warga yang Nekat Mudik - Suara.com

SuaraJawaTengah.id - Grha Wisata Niaga Sriwedari di Kota Solo disiapkan pemerintah kota (pemkot) setempat untuk menjadi tempat karantina bagi pemudik yang nekat pulang kampung di tengah Wabah Virus Corona.

Pemudik nantinya bakal dikarantina 14 hari untuk memastikan tidak ada penularan Covid-19 tersebut.

Diakui Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, dirinya tak bisa melarang pemudik dari zona merah untuk pulang kampung. Namun sebelum masuk ke daerah pemukiman di Kota Solo, mereka harus menjalani karantina di Grha Wisata Niaga Sriwedari selama 14 hari untuk memutus rantai penyebaran virus.

“Kalau ada pemudik yang enggak mau, ya, kami melibatkan TNI/Polri. Bukan mau memaksa atau menakuti tapi harus untuk memutus rantai persebaran. Secara fisik, mereka datang kondisi sehat, tapi siapa tahu kalau ternyata di badannya sudah ada virusnya. Karena virus ini kan enggak terlihat,” ucapnya seperti dilansir Solopos.com-jaringan Suara.com pada Kamis (2/4/2020).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kota Solo Ahyani memastikan Grha Wisata Niaga di Sriwedari sudah bisa digunakan pada pekan depan untuk pemudik atau pendatang yang dikarantina.

Pada lokasi karantina tersebut, pemkot menyiapkan tempat tinggal selama 14 hari dan mengakomodasi tempat tidur, makan, minum serta pendampingan gugus tugas.

“Dinas Kesehatan Kota (DKK) akan selalu memonitor kesehatan mereka, kemudian dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang menyiapkan akomodasi dan logistik. Pengamanan dari Satpol PP, TNI/Polri,” kata Ahyani dalam jumpa pers di Balai Kota Solo, Rabu (1/4/2020).

Selain pemudik akan dikarantina di Sriwedari, tim juga akan memantau berbagai tempat di Solo. Pemantauan dilakukan terhadap pengunjung, wisatawan, atau pelaku kunjungan bisnis di terminal, stasiun, dan bandara.

Petugas di lokasi-lokasi itu sudah memiliki prosedur ketetapan (protap) yang memonitor ke mana mereka akan tinggal sesampainya di Solo. Pemantauan bisa berlanjut di wilayah yang mereka tinggali. Jika terdapat gangguan kesehatan, maka bisa segera ditangani.

“Selain gerbang transportasi itu, mereka yang datang mandiri (kendaraan pribadi) misalnya ke hotel atau tempat penginapan akan kami monitor kesehatannya. Kami enggak bisa melarang orang mau berkunjung keluarganya, tapi kami bisa mengatur agar yang datang itu diberi pengertian jangan sampai menulari keluarganya atau orang lain,” katanya.

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
April 02, 2020 at 11:50AM
https://ift.tt/345y7Nv

Pemkot Solo Siapkan Karantina di Sriwedari Buat Warga yang Nekat Mudik - Suara.com
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkot Solo Siapkan Karantina di Sriwedari Buat Warga yang Nekat Mudik - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.