Search

Jamin Keterbukaan Data, Gugus Tugas Buat 'Sistem Bersatu Lawan COVID-19' - detikNews

Jakarta -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tingkat nasional akan membuat suatu sistem data khusus terkait pandemi virus Corona di Indonesia. Anggota tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, mengatakan sistem tersebut dinamakan 'Sistem Bersatu Lawan COVID-19'.

"Data ini atau yang akan kami sebut 'satu data'. Dalam hal ini merupakan navigator dalam pembuatan suatu kebijakan di pemerintah dengan keputusan yang tepat sasaran. Dalam perjalanannya, pengimplementasian satu data, diperlukan suatu perjalanan yang panjang dan memerlukan dukungan dari semua pihak," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube BNPB, Senin (27/4/2020).

Wiku menjelaskan Sistem Bersatu Lawan COVID-19 merupakan sarana bagi pemerintah untuk membuka data-data yang berkaitan dengan penanganan penyebaran virus yang awalnya mewabah di Wuhan, China, itu. Dia memastikan seluruh masyarakat nantinya akan dapat mengakses data tersebut.

"Manfaat dari Sistem Bersatu Lawan COVID-19 ini adalah dapat menjadi suatu bentuk untuk menjamin keterbukaan data dan informasi untuk masyarakat dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan COVID-19 di seluruh Indonesia," sebutnya.

Wiku berharap sistem tersebut dapat menjadikan masyarakat lebih waspada. Dia juga berharap sistem tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus Corona.

"Dengan adanya keterbukaan informasi ini, kita dapat menjadi lebih waspada dan bisa bersama-sama dengan tetap tenang dalam menghadapi pandemi ini," ucap Wiku.

"Selain itu, diharapkan dengan informasi yang tersedia, kita dapat menumbuhkan kesadaran bersama untuk menjaga diri sendiri, menjaga orang lain, dalam semangat gotong royong," imbuhnya.

Kasus Positif Corona RI Capai 8.882, Ini Sebarannya:

(zak/zak)

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
April 27, 2020 at 12:58PM
https://ift.tt/2VYDFGd

Jamin Keterbukaan Data, Gugus Tugas Buat 'Sistem Bersatu Lawan COVID-19' - detikNews
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jamin Keterbukaan Data, Gugus Tugas Buat 'Sistem Bersatu Lawan COVID-19' - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.