Search

Oh Ini yang Buat Jokowi Harus Minta Bantuan Ventilator Trump? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Industri dalam negeri sudah mampu membuat ventilator tapi masih butuh waktu untuk produksi massal, sedangkan kebutuhan mendesak di tengah korban virus corona yang terus berjatuhan. Apakah ini yang membuat Presiden Jokowi belum lama ini meminta bantuan kerja sama pengiriman ventilator dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump?

Faktanya memang di dalam negeri, industri otomotif nasional sempat mendapat penugasan untuk memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator. Angin segar berhembus ketika salah satu vendor rekanan industri otomotif sudah mulai mulai bergerak mencari inovasi dalam proses pembuatan ventilator.

Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara mengungkapkan saat ini salah satu vendornya tersebut tengah mempersiapkan kelanjutan prosesnya.

"Salah satu pemasok kita lakukan reverse engineering dan sudah lakukan uji klinik sudah disampaikan, apa dapat approval pemerintah atau nggak. Bukan anggota tapi supplier Gaikindo ya," sebut Kukuh kepada CNBC Indonesia, Senin (27/4).

Saat ini, persetujuan bisa tidaknya digunakan inovasi tinggal menunggu keputusan Pemerintah, yakni dalam hal ini Kementerian Perindustrian.

Sementara itu, ventilator buatan PT Pindad (Persero) juga tampaknya belum siap untuk sampai produksi massal. Pindad VRM dirancang dan dikembangkan bersama tim ahli medis dari RSU Pindad. Hingga pekan lalu Pindad sedang mengajukan proses uji coba kelaikan alat ke Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kemenkes.

Sedangkan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro sempat berjanji akhir April ini akan ada 200 alat bantu pernafasan ventilator portabel didesain BPPT untuk pasien positif virus corona Covid-19. Ventilator ini dibuat oleh mitra BPPT.

"Perkiraan cepat 25 April sampai katakan akhir April itu sudah dibuat 200 unit ventilator, dan kapasitas produksi dari para mitra industri itu adalah 100 unit ventilator portable per minggu. Jadi Kapasitasnya cukup besar," ujar Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers online, Rabu (15/4/2020).

Keberadaan ventilator untuk kebutuhan dalam negeri memang sudah darurat. Apalagi angka kasus virus corona di Indonesia sudah mencapai angka 8.882 orang hingga Minggu (26/4). 

Trump melalui cuitan di akun Twitter pribadinya @realDonaldTrump, pada Jumat (24/4/2020) sempat menyampaikan permintaan bantuan ventilator oleh Presiden Jokowi, dan Trump siap bekerjasama.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
April 27, 2020 at 01:43PM
https://ift.tt/2KPAPyd

Oh Ini yang Buat Jokowi Harus Minta Bantuan Ventilator Trump? - CNBC Indonesia
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Oh Ini yang Buat Jokowi Harus Minta Bantuan Ventilator Trump? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.