Search

Cara Buat Cairan Disinfektan dari Bahan Alami - KRONOLOGI.ID

Kronologi, Jakarta – Wabah virus corona penyebab corona virus deases (covid-19) membuat masyarakat harus menjaga segala sesuatu agar selalu dalam kondisi steril. Tak terkecuali masyarakat Indonesia, apalagi sejak ditetapkannya wabah ini sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Duni (WHO).

Di Indonesia sendiri, kasus positif corona hingga sekarang ini terus mengalami peningkatan. Tentunya, ini dikhawatirkan akan menginfeksi warga lainnya dan makin menambah jumlah kasus covid-19.

Karena itu, masyarakat kini beramai-ramai melakukan disinfektasi dengan larutan disinfektan ke permukaan-permukaan yang sering disentuh, guna membunuh mikroorganisme yang ada, selain juga melakukan social distancing atau jarak sosial dan physical distancing atau jaga fisik.

Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) sekaligus Ketua Komite Ahli PMKL Kemenkes RI, Arif Sumantri membenarkan jika bakteri dan virus dapat dihilangkan dengan larutan disinfektan.

Dalam siaran konferensi pers lewat streaming YouTube BNPB Indonesia, Arif tak hanya menggunakan larutan kimia untuk dicampur dalam larutan disinfektan, namun ia juga memberikan beberapa opsi bahan yang lebih mudah didapatkan untuk campuran larutan disinfektan.

“Masyarakat dapat memanfaatkan desinfektan alami seperti daun sirih yang juga bisa sebagai antiseptik, dan juga cuka,” kata Arif.

Dengan memanfaatkan setengah cangkir cuka, dengan setengah gelas air, ditambah dengan 12 sampai 24 tetes minyak esensial, seperti kayu manis, cengkeh, kayu putih, dan jeruk nipis, maka ini akan menjadi sebuah disinfektan, yaitu antiseptik.

Cara membuat disinfektan tersebut dapat dilakukan dengan mencampurkan beberapa bahan tersebut lalu kocok dalam botol penyemprot. Ingat untuk memberi label sebagai tanda aman dan menyimpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

“Setelah membuat disinfektan, kita dapat menyemprotkan ke permukaan benda, seperti gagang pintu atau permukaan meja. Namun, kita perlu melakukan pembersihan klinik dengan tujuan benda yang akan disemprotkan bersih dari debu. Setelah dibersihkan, baru kemudian bilas. Kemudian dibersihkan dan dibilas dengan lap microfiber,” jelasnya.

Namun, Arif menekankan ada lagi hal yang lebih penting yang harus dilakukan masyarakat selain disinfektasi, yakni melakukan upaya sanitasi yang baik agar tidak sia-sia. Salah satunya dengan cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Penulis: Neni
alterntif text

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
March 22, 2020 at 07:54PM
https://ift.tt/2J9chPL

Cara Buat Cairan Disinfektan dari Bahan Alami - KRONOLOGI.ID
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Buat Cairan Disinfektan dari Bahan Alami - KRONOLOGI.ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.