Search

Orang RI Klaim Buat Alat Rapid Test Corona Mandiri Murah - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pengusaha asal Indonesia Santo Purnama mengklaim telah berhasil mengembangkan alat uji deteksi virus corona Covid-19 untuk digunakan secara mandiri.

Alat rapid test corona ini memungkinkan masyarakat dapat melakukan pengecekan di rumah masing-masing, hanya dalam waktu 10 menit dan dibanderol dengan harga murah sekitar Rp160 ribu per unit.

Rapid test yang dikembangkan di perusahaan Singapura, Sensing Self itu telah resmi diproduksi sejak bulan Februari dan mendapatkan lisensi edar dari pasar Eropa, India (National Institute of Virology dan Indian Council of Medical Research), dan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA).


Santo kemudian mengklaim ingin membantu pemerintah Indonesia untuk menyediakan alat tes virus corona mandiri itu, namun sayangnya belum ada persetujuan dari pemerintahan Joko Widodo.

"Kami berharap pemerintah Indonesia bisa beri respons positif. Jadi para medis bisa fokus merawat pasien dengan gejala menengah dan parah, alih-alih mengetes ribuan orang. Alatnya bisa dijangkau oleh masyarakat Indonesia," kata Santo lewat keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (1/4).


Menurut klaim Santo, khusus pasar India, pemerintah setempat telah memesan alat Rapid Test Covid-19 buatannya sebanyak tiga juta unit. Sebelumnya, India telah menguji coba dan memvalidasi Rapid Test tersebut. 

"Kami telah mengirimkan alat rapid test untuk membantu lemba-lembaga riset ternama seperti Mayo Clinic, University of California San Fransisco, dan Chan Zuckerberg Biohub," kata Santo yang juga menjabat Co-Founder Sensing Self itu.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Santo dan tim juga sedang mengembangkan solusi lainnya untuk melawan pandemi corona, yakni tes asam nukleat (nucleic acid test) untuk mendeteksi infeksi Covid-19 sedini mungkin dan dengan harga yang sangat terjangkau.

Hasil tesnya diklaim mampu mendeteksi dengan akurasi hingga 99% pada hari pertama mereka terpapar virus corona. Mereka bakal segera meluncurkan produk ini saat sudah siap dalam waktu dekat.

Perusahaan Sensing Self sendiri bergerak dibidang pengembangan alat tes kesehatan mandiri, untuk memberdayakan setiap orang agar dapat mendeteksi kesehatannya masing-masing dan mendapatkan pengobatan di tahap sedini mungkin.

(din/DAL)

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
April 01, 2020 at 08:51PM
https://ift.tt/3dNnsLW

Orang RI Klaim Buat Alat Rapid Test Corona Mandiri Murah - CNN Indonesia
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Orang RI Klaim Buat Alat Rapid Test Corona Mandiri Murah - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.