Search

Cegah Penyebaran Covid-19 Rotaract Club of Sidoarjo Buat APD Face Shield dari Bahan Sederhana - Jawa Pos

KEBUTUHAN alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan semakin tinggi. Termasuk jenis face shield atau pelindung wajah dari virus corona. Hal itu dimanfaatkan Komunitas Rotaract Club of Sidoarjo untuk bergotong royong membuat face shield dari bahan sederhana. 

Rizky Putri Pratimi/Wartawan Radar Sidoarjo 

Meski dibuat dari bahan sederhana, pelindung wajah produksi komunitas ini dijamin sudah memenuhi standar kesehatan. Bahannya sangat mudah ditemui. Terdiri dari busa, plastik mika, karet dan lem tembak. Dibentuk sedemikian rupa sesuai pola pelindung wajah. Semua dirangkai dengan teliti hingga menghasilkan face shield yang siap digunakan. 

Alat pelindung wajah ini tidak dijual. Diproduksi hanya untuk didonasikan secara gratis pada rumah sakit rujukan corona yang membutuhkan. Apalagi, banyak permintaan datang dari puskesmas dan rumah sakit umum. 

Hingga saat ini, 150 buah face shield sudah dibuat. Produksinya akan terus berlanjut seiring kebutuhan yang semakin besar. 

Presiden Rotaract Club of Sidoarjo Nur Rochmad Khoiririjal mengatakan, produk yang sudah jadi kemudian dikumpulkan di Surabaya terlebih dahulu. Dari sana tim akan membagi di daerah mana saja yang sangat membutuhkan. “Pemintaan banyak. Distribusi ke daerah prioritas,” kata Ichal panggilan akrabnya. 

Dia menambahkan, dari data yang didapat komunitasnys, di Jawa Timur sendiri kebutuhan akan face shield mencapai dua ribu buah. Di antaranya wilayah Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan dan Jombang . “Itu dua minggu lalu. Sekarang tentu kebutuhan tersebut meningkat,” imbuhnya.   

Pengerjaan face shield ini tidak hanya dipusatkan satu titik di komunitas saja. Pengadaan setiap komponennya juga melibatan tetangga sekitar anggota. Misalnya, pengadaan busa sebagai media penopang plastik mika sekaligus membentuk lingkar kepala, turut melibatkan warga Desa Pagerngumbuk Kecamatan Wonoayu. “Begitu komponen lengkap, langsung dirangkai teman-teman,” ungkapnya. (*/vga)

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
April 01, 2020 at 07:56PM
https://ift.tt/2WX2vbz

Cegah Penyebaran Covid-19 Rotaract Club of Sidoarjo Buat APD Face Shield dari Bahan Sederhana - Jawa Pos
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Penyebaran Covid-19 Rotaract Club of Sidoarjo Buat APD Face Shield dari Bahan Sederhana - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.