Search

Buat Tugas di Rumah, Siswa Setor Lewat Video dan Foto - Jawa Pos

GIANYAR, BALI EXPRESS - Meski belajar di rumah selama wabah covid 19, nampaknya tidak mengurangi semangat para siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Seperti salah satu siswa SMPN 1 Blahbatuh, I Komang Pradnyana Putra membuat tugas Agama Hindu dengan praktik membuat kranjang jrimpen. Tugas itu dibuat berawal dari teori dan dilanjutkan dengan praktiknya dengan hasil tugas harus dikirim melalui video beserta foto. 

Pradnya Putra menjelaskan secara teori diberikan soal oleh gurunya melalui whatsapp dan google classroom. "Kebetulan saya buat tugas praktik Agama Hindu dengan buat keranjang jerimpen," jelas siswa kelas IX tersebut, Rabu (1/4).

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan membuat tugas kranjang jrimpen sekitar 2 jam. Sedangkan selama sekolah diliburkan dan siswa belajar di rumah, ia mengaku dikasi beberapa tugas agar bisa belajar dan banyak latihan di rumah untuk persiapan ujian. "Untuk bahan yang digunakan, tergantung dari jenis tugas yang diberikan. Kalau kranjang jrimpen hanya mempersiapkan bambu dan tali saja," ungkapnya. 

Sedangkan kendala yang dihadapi, ia menyampaikan dalam mencari bahan prakteknya saja. Karena semua siswa diharuskan tetap belajar di rumah, sedangkan untuk mencari bahan harus keluar. Untuk mencari bahannya, ia minta bantuan ke kakaknya atau anggota keluarga lainnya. "Membuatnya juga di rumah bersama kakak, karena kalo sendiri gak ada yang diajak tukar pikiran. Sedangkan kalau belajar di sekolah bisa tanya sama guru dan teman," imbuhnya. 

Pradnya Putra menambahkan selain buat tugas, selama di rumah kegiatan yang dilakukan ia mengaku membantu orang tuanya membuat canang. Disinggung dengan sistem menyetor tugasnya, disampaikan dilakukan secara daring atau online, lewat grup whatsapp dan di google classroom. "Penilaiannya dilakukan secara individu, setiap siswa harus menyetor video ataupun foto tugas," tandasnya. 

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Kabuapaten Gianyar, I Wayan Sadra, menjelaskan sejak Jumat lalu (27/3), Disdik sudah menindaklanjuti surat edaran Mendikbud, dengan menurunkan surat edaran Disdik Gianyar. Surat itu bernomorkan 420/196/Disdik tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19. 

"Dalam surat edaran dari Mendikbud memang tidak tertuang sampai kapan batas waktunya (belajar di rumah,Red). Sehingga kami mengingatkan selama belajar di rumah para guru agar mengurangi pekerjaan rumah (PR) kepada siswanya. Supaya lebih mengajarkan pendidikan karakter pencegahan covid 19 kepada peserta didik," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)



"buat" - Google Berita
April 02, 2020 at 08:10AM
https://ift.tt/2wM3fpr

Buat Tugas di Rumah, Siswa Setor Lewat Video dan Foto - Jawa Pos
"buat" - Google Berita
https://ift.tt/2STObOS
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Buat Tugas di Rumah, Siswa Setor Lewat Video dan Foto - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.